Perhatikan tabel gas rumah kaca

Perhatikan tabel gas rumah kaca di bawah ini!

sbmptn soshum

Sumber: wikipedia.com

Tabel di atas dipersingkat menjadi:

sbmptn soshum

Tabel-tabel di atas menunjukkan persentase kontribusi beberapa gas rumah kaca penyebab pemanasan global. Berdasarkan data tabel tersebut, maka pernyataan yang sesuai untuk menjelaskan penyebab pemanasan global yaitu….

Isi tabel tersebut kurang tepat, seharusnya uap air dan awan bukan termasuk bagian dari gas rumah kaca karena terbentuk secara alami melalui proses evaporasi oleh sinar matahari. Sehingga gas rumah kaca utama adalah emisi gas yang dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia seperti karbon dioksida dan metana.

Dominasi kontribusi uap air dan awan dalam pemanasan global disebabkan karena evaporasi air di muka bumi terjadi hampir di seluruh wilayah, sedangkan emisi gas buang seperti metana dan karbon dioksida hanya terjadi di wilayah tertentu.

Konsentrasi uap air dan awan sebagai gas rumah kaca yang tertinggi sangat wajar mengingat komposisi gas terbanyak di atmosfer didominasi uap air.

Karbon dioksida merupakan gas rumah kaca yang paling utama mengingat setiap makhluk hidup di permukaan bumi mengeluarkan gas tersebut saat bernafas. Selain itu berbagai kegiatan manusia seperti pembakaran hutan, industri, dan transportasi juga turut menyumbang emisi gas karbon dioksida ke udara.

Perbedaan tingkat penguapan air yang sangat tinggi di berbagai belahan dunia menyebabkan kurangnya dampak yang disebabkan oleh uap air terhadap pemanasan global.
Jawaban : b
Beberapa poin penting yang dapat disimpulkan dari isi tabel yaitu:

uap air dan awan merupakan gas dengan kontribusi efek rumah kaca tertinggi dibandingkan gas lain di udara, sehingga pilihan jawaban A, D, dan E salah;
komposisi gas terbanyak di atmosfer yaitu nitrogen, bukan uap air, sehingga pilihan jawaban C juga salah; dan
uap air dan awan merupakan gas yang memiliki kontribusi dominan dalam pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh keberadaan air yang sangat melimpah di permukaan bumi dan evaporasi air yang hampir terjadi di seluruh wilayah permukaan bumi. Tingkat evaporasi air ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan emisi gas kardon dioksida atau metana yang sebagian besar dihasilkan oleh aktivitas manusia di tempat-tempat tertentu saja (tidak merata di hampir seluruh wilayah di permukaan bumi).
Jadi jawaban yang tepat yaitu pilihan B.