Analisis hubungan manusia dan lingkungan fisik buatan

Analisis hubungan manusia dan lingkungan fisik buatan yang dapat diterapkan untuk menentukan faktor penyebab banjir kota adalah ….

produksi sampah tinggi
luasan ruang terbuka cukup
koeisien dasar bangunan tinggi
sanitasi lingkungan buruk
ketersediaan drainase cukup
Jawaban : a
Analisis hubungan manusia dan lingkungan isik buatan yang dapat diterapkan untuk menentukan faktor penyebab banjir kota adalah produksi sampah tinggi.

Bencana banjir seringkali terjadi melanda daerah-daerah Indonesia, terutama Jakarta. Penyebab banjir terutama karena meluapnya sungai akibat curah hujan yang tinggi, juga akibat genangan air yang menumpuk sulit meresap ke tanah dikarenakan sungai dan gorong-gorong sudah terpenuhi air .

Ada dua faktor yang menjadi penyebab terjadinya banjir yaitu faktor alam dan faktor perbuatan manusia, seperti:

Curah hujan yang tinggi
Hujan yang turun dalam waktu lama dan sering adalah faktor utama sering terjadi banjir di Jakarta. Biasanya terjadi pada puncak musim hujan di bulan Desember – Februari. Air hujan akan memenuhi sungai-sungai dan menggenangi jalanan yang pasti menyebabkan banjir jika terus terjadi tidak ada penampung atau resapan.
Pendangkalan sungai akibat sampah
Sungai-sungai yang dulunya dalam lama-lama menjadi dangkal akibat pembuangan sampah yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Sungai yang dangkal menyebabkan meluap ke pemukiman pada saat hujan deras.
Perusakan lahan
Seperti yang terjadi di beberapa wilayah, banyak kejadian banjir dan tanah longsor karena ulah perusakan lahan untuk penambangan liar. Tanah yang seharusnya jadi penahan air menjadi tergerus dan menyebabkan banjir.
Penebangan hutan
Hutan berfungsi sangat penting sebagai daerah resapan air, menyimpan air hujan kemudian mengalirkan kepada manusia melalui bentuk air tanah. Bila hutan terus ditebangi secara liar akan menimbulkan banjir bagi kawasan daerah tersebut, dengan banjir yang terus terjadi dengan skala besar maka ada kemungkinan menyebabkan tanah longsor.
Pemukiman sembarangan
Seperti di Jakarta yang sering terjadi banjir, pemukiman sembrangan menjadi faktor penyebab banjir yang utama akibat meluapnya aliran sungai yang terhambat. Seperti rumah-rumah di bantaran yang pasti menjadi penyumbang sampah terbesar yang menjadi penghambat dan pendangkalan.