Bukti yang menunjukkan bahwa benua

Bukti yang menunjukkan bahwa benua yang saat ini ada di permukaan bumi berasal dari Pangea yang mengalami pemisahan adalah ….

adanya teluk dan semenanjung yang berhadapan di dua benua
kesamaan jenis batuan dan kesesuaian konfigurasi pantai
adanya rangkaian pegunungan dan gunung api di dunia
kesamaan ketebalan batuan dan relief di kedua pantai dunia
adanya lapisan dalam kerak bumi (litosfer) yang simetris
Jawaban : b
Teori Apungan dan pergeseran benua dikemukaan olah A.L Wegener. Beberapa hal yang menjadi dasar teori A.L. Wegener adalah sebagai berikut:

Garis pantai timur Benua Amerika Utara mempunyai persamaan dengan garis pantai barat Eropa.
Benua Afrika mempunyai persamaan yang mencolok dengan Asia barat, yang menimbulkan persepsi bahwa kedua garis yang sama tersebut dahulunya merupakan daratan yang berimpitan. Itu jugadikuatkan dengan persamaan formasi geologi pada bagian pertemuan dari kedua daratan tersebut, terutama pada formasi geologi di sepanjang pantai Afrika Barat sama dengan apa yang terdapat di pantai Timur Amerika. Kondisi tersebut telah dapat dibuktikan kebenarannya saat ini.
Benua-benua yang ada sekarang awalnya merupakan satu benua besar yang disebut Benua Pangea. Pecahnya Benua Pangea disebabkan oleh gerakan benua besar di selatan baik ke arah barat maupun ke utara menuju khatulistiwa. Wilayah Greenland sekarang ini bergerak menjauhi daratan Eropa dengan kecepatan 36 meter/tahun, demikian juga Kepulauan Madagaskar menjauhi Afrika Selatan dengan kecepatan 9 meter/ tahun.