Setiap lapisan pada atmosfer bumi

Setiap lapisan pada atmosfer bumi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Troposfer merupakan lapisan dengan kondisi udara yang tidak stabil. Pada lapisan ini banyak terjadi gerakan udara. Sementara itu, lapisan di atasnya yaitu stratosfer merupakan lapisan yang sangat stabil dengan gerakan udara yang sangat sedikit. Jika suatu saat nanti terjadi perubahan rastic pada kedua lapisan tersebut, di mana kondisi udara pada troposfer menjadi sangat stagnan dan kondisi udara pada stratosfer menjadi sangat dinamis, maka peristiwa yang dapat terjadi yaitu….

Hembusan rasti kencang semakin sering terjadi di permukaan bumi dan dapat menimbulkan berbagai bencana rasti di seluruh bagian permukaan bumi.

Aktivitas nelayan menjadi lebih mudah karena tiupan rasti darat dan rasti laut menjadi lebih kuat.

Pelubangan ozon berlangsung lebih cepat dan gas-gas beracun akan melayang-layang di troposfer.

Pesawat harus terbang di stratosfer untuk menghindari gangguan udara.

Hujan salju sering terjadi karena ketidakstabilan iklim.

Jawaban : c
Jika kondisi udara di troposfer menjadi stagnan (sedikit pergerakan udara), maka hal-hal yang dapat terjadi antara lain:

distribusi udara di permukaan bumi berlangsung sangat lambat, sehingga tidak memungkinkan bagi kehidupan;
rasti dan hujan jarang sekali terjadi karena sangat kurangnya pergerakan udara; dan
pesawat terbang sangat aman untuk terbang di stratosfer karena tidak adanya ancaman turbulensi maupun awan tebal.
Sementara itu, jika kondisi udara di stratosfer menjadi sangat dinamis maka pelubangan ozon oleh gas CFC menjadi lebih cepat karena gerakan udara di lapisan ini menjadi lebih intensif. Selain itu, gas-gas polutan hasil akumulasi letusan gunung api dapat bergerak bebas ke lapisan di bawahnya, yaitu troposfer. Jadi jawaban yang paling memungkinkan yaitu pilihan C.