Tentang Bahasa R

R language atau bahasa R menjadi salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam menganalisis data statistik. Sebenarnya, apasih R itu? apa kegunaan R itu? dan apa saja kelebihan dari R? Untuk menjawab itu semua, yuk mengenal R dan simak penjelasan berikut:

Gambar 1. Simbol R (sumber: r-project.org)

R merupakan sebuah bahasa pemrograman dan environment yang biasa digunakan untuk komputasi statistik dan grafik. Environment yang dimaksud sebagai sistem yang terencana dan berhubungan. R mirip dengan bahasa pemrograman S yang dikembangkan oleh John Chamber di Bell Laboratories. Salah satu batasan utama dari bahasa S adalah hanya tersedia dalam paket komersial, sehingga R dibuat untuk umum dan free.

R diciptakan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman pada tahun 1991. Pada tahun 2000, R versi 1.0.0 dirilis ke publik (free software). R digunakan untuk berbagai keperluan analisis data seperti eksplorasi data, visualisasi data, machine learning, dan lain sebagainya. R menyediakan berbagai macam statistik seperti pemodelan linear dan non linear, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi, clusterring dan teknik grafis.


Kelebihan R

  1. Free dan open source
  2. Dapat berjalan diberbagai platform UNIX dan sistem serupa ( FreeBSD dan Linux), Windows dan MacOS
  3. Instalasi dan konfigurasi R yang cukup mudah
  4. Telah digunakan jutaan users dan memiliki banyak packages atau library yang sudah dikembangkan
  5. Kemampuan grafiknya yang capability

Kekurangan R
Tidak ada bahasa pemrograman atau sistem analisis statistik yang sempurna termasuk R ini. Kekurangan R terletak pada memori management yang terkadang tidak begitu bagus pada data yang terlalu besar dan pemrosesannya menjadi lambat jika melakukan banyak looping.