Perhatikanlah diagram batang berikut ini!

Perhatikanlah diagram batang berikut ini!
Diagram batang di atas menunjukkan hasil survei tentang persepsi/pandangan masyarakat Indonesia mengenai untung-ruginya kerja sama ekonomi Indonesia dengan beberapa negara lain di dunia. Berdasarkan hasil survei tersebut, dugaan sementara yang dapat kita simpulkan yaitu…

Kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat dianggap paling menguntungkan dibandingkan kerja sama dengan negara lainnya, karena Indonesia paling banyak bekerja sama dengan Amerika Serikat.

Kerja sama Indonesia dengan Saudi Arabia dianggap jauh lebih menguntungkan dibandingkan kerja sama antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok, karena faktor kedekatan identitas sosial budaya dan kunjungan Raja Saudi Arabia ke Indonesia.

Kerja sama Indonesia dengan negara-negara lain di Asia Tenggara dianggap kurang menguntungkan, karena seringnya terjadi persaingan antara Indonesia dengan negara-negara tetangga.

Masyarakat menganggap kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara di Eropa cenderung menguntungkan terutama di bidang teknologi.

Masyarakat menganggap kerja sama Indonesia dengan negara yang masih terletak di satu benua lebih menguntungankan dibandingan kerja sama dengan negara yang terletak di luar Asia.
Jawaban : b
Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari data yang tergambar pada grafik adalah sebagai berikut:

Kerja sama ekonomi Indonesia dengan Saudi Arabia dianggap paling menguntungkan dibandingkan dengan negara lain, disusul kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara dan Rusia.
Sementara itu, hampir seluruh kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan berbagai negara dianggap lebih merugikan, terutama kerja sama antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok dan kerja sama antara Indonesia dengan Amerika Serikat mendapat respon sangat negatif dari pengisi survei.
Dari hasil survei tersebut, maka kita dapat menarik dugaan sementara bahwa kerja sama Indonesia dengan Saudi Arabia dianggap jauh lebih menguntungkan dibandingkan kerja sama antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok, karena faktor kedekatan identitas sosial budaya dan kunjungan Raja Saudi Arabia ke Indonesia belakangan ini untuk menandatangani beberapa perjanjian kerja sama di berbagai bidang. Selain itu, terlepas dari bidang ekonomi, masyarakat mungkin melihat bahwa kerja sama Indonesia-Saudi Arabia juga berlangsung terus-menerus dan dianggap menguntungkan bagi masyarakat Indonesia, terutama kerja sama dalam hal pelaksanaan ibadah haji dan umrah.